by

Sektor 10 Citarum Harum Angkat Puluhan Ton Sampah Di Sungai Cihea

Hallobogor.com, CIanjur – Menghadapi musim penghujan yang diprediksi akan berlangsung mulai bulan Oktober ini, sejumlah antisipasi dilakukan untuk menghindari terjadinya banjir akibat luapan sungai.

Halnya yang dilakukan Sektor 10 Citarum Harum yang melakukan kegiatan bersih-bersih tumpukan sampah yang berada di anak sungai Cihea Desa Sukaratu Kecamatan Bojong Picung, Kabupaten Cianjur. 

Dansektor 10, Kolonel Inf Yanto. R. Nainggolan mengatakan, kegiatan bersih-bersih dilakukan oleh Satgas Citarum bersama warga dan relawan serta juru pengairan dari Dinas PUPR yang langsung benindak membersihkan tumpukan sampah yang sudah bertahun tahun dibiarkan menumpuk.

“Tumpukan sampah mengakibatkan pendangkalan dan penyempitan dialiran anak sungai yang mengalir ke Citarum,” kata Yanto, disela-sela kegiatan di Desa Sukaratu Kecamatan Bojong Picung, Kabupaten Cianjur, Senin (05/10/2020).

Menurut Yanto, keberadaan anak sungai dan irigasi yang melewati 6 Desa sudah sangat mengkhawatirkan, selain mengalami pendangkalan, juga terjadi penumpukan sampah yang menjadikan anak sungai yang harusnya lebar 6 meter menjadi 3 meter.

“Tumpukan sampah ini mengakibatkan pendangkalan dan penyempitan dialiran anak sungai yang mengalir ke Citarum,” ujarnya.

Menurut Yanto, untuk menghadapi musim penghujan, satgas terus melakukan pengawasan anak sungai, jangan sampai anak sungai yang mengairi 5.484 hektar sawah dan perikanan ini terganggu suplai airnya.

” Kalau kita taksir, sampah yang berada di anak sungai Cihea ini tidak kurang dari 100 truk, artinya ada sekitar 80-100 ton, kita akan usahakan dalam jangka waktu satu bulan semua sudah selesai, karena dikerjakan secara manual,” tuturnya.

Yanto menyatakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya mereka yang berada di sepanjang aliran sungai Cihea.

“Kita akan lakukan sosialisasi Citarum Harum di Desa se Kecamatan Bojong Pucung ini, agar kesadaran warga dalam menjaga lingkungan lebih baik lagi, semua harus terlibat dalam program Citarum ini,” ujarnya. (jbr)