by

Seperti Inilah Upacara HUT RI Ke-75 Tingkat Jabar di Masa Pandemi

Hallobogor.com, Bandung – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang biasa digelar di Lapangan Gasibu dengan jumlah peserta dari berbagai elemen cukup banyak, kali ini Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI dilaksanakan cukup sederhana.

Berdasarkan pantauan, upacara Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tingkat Jawa Barat dilaksanakan di Halaman Depan Gedung Sate yang hanya dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Sekretaris Daerah Jawa Barat,  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Barat dengan 25 orang peserta upacara dari TNI/Polri, Satpol PP Jawa Barat serta dari Dinas Perhubungan.

Selain itu, petugas pengibar bendera merah putih pada Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tingkat Jawa Barat yang diaksanakan di tengah Pandemi Covid-19 ini, hanya dilakukan oleh tiga orang petugas pengibar dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Povinsi Jawa  Barat.

Bertindak sebagai inspektur upacara pada Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tingkat Jawa Barat adalah Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil, Pembacaan Teks Pancasila oleh Panglima Kodam III/ Siliwangi, Pembacaan Teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Tahun 1945 oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Jawa Barat dan pembacaan do’a oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat.

Usai upacara Peringatan HUT Ke-75 RI Tingkat Jawa Barat, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat beserta Forkopimda mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi  HUT Ke-75 Kemerdekaan RI bersama Presiden RI secara virtual di Lobby Lokantara Gedung Sate, Senin (17/08/2020). (jbr)