by

Seren Taun, Budaya Sunda Gunung Halimun yang Dijaga Abah Odon

Hallobogor.com, Nanggung – Seren taun adalah budaya sunda Gunung Halimun, sebagai wujud syukur atas usaha dan pertanian warga masyarakat Desa Malasari.

Itulah yang dilakukan warga desa yang rutin digelar setiap tahun. Acara yang digagas oleh Abah Odon ini berlangsung lapangan Malasari, Kamis (20/8/2020).

Pada saat ini sangat berbeda karena kondisi pandemi Covid-19 sehingga acara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

BERITA INI merupakan hasil kerjasama antara Barometer Bogor News TV (BBNews) dengan Hallobogor.com (Hallo Media Network)

Sebelumnya memang selalu mencuri perhatian wisatawan dari negara – negara manca negara Asia dan Eropa yang khusus datang.

Kepala Desa Palasari Andi Zaelani mengakui seren taun sekarang ini tidak semeriah sebelum-sebelumnya, karena terkendala sama Covid.

Abah Odon juga membatasi karena kondisi pandemi, selain itu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) belum selesai, malahan diperpanjang.

Namun demikian acara di kediaman, Abah Odon juga meriah. Kepada warga Desa Malasari, dia mengingatkan agar tidak melupakan sejarah budaya sunda seren taun yang selalau diadakan setiap tahun.

“Kegiatan ini juga dilakukan untuk melastarikan budaya agar generasi penerus yang diwarisi adat dan budaya leluhur agar tidak hilang dan menjadi jati diri masyarakat yang berbudaya,” tutur Abah Odon.

Nyoreang alam ka tukang nyawang mangsa anu bakal datang. Demikian laporan Dede Surya, Barometer Bogor News TV. (*)