by

Sering Ada Ritual di Situs Ranggapati, Orang Kepercayaan Silliwangi

Hallobogor.com, Bogor Selatan – Batutulis adalah bagian selatan kota Bogor yang banyak menyimpan cerita misteri yang bersejarah. Hal ini terkait dengan adanya beberapa situs peninggalan kerajaan Pakuan Pajajaran.

Salah satunya adalah situs Ranggapati, yang terletak di belakang gereja Elohim Batutulis, tepatnya di belakang kompleks gudang elpiji.

Melihat situasi dan kondisinya, situs tersebut masih aktif didatangi orang untuk melakukan ritual. Konon dulunya tempat ini merupakan aula, tempat berkumpulnya orang kepercayan Prabu Siliwangi.

Ranggapati adalah orang kepercayaan Prabu Siliwangi. Selain Ranggapati, orang kepercayaan Prabu Siliwangi adalah kidang Pananjung dan Rangga Gading.

Baca juga : Kisah, Cerita, Sejarah, dan Fakta Seputar Kerajaan Pajajaran dan Prabu Siliwangi

Situs Ranggapati, peninggalan Kerajaan Pajajaran itu kini sudah bergeser. Situs yang umumnya dari batuan peninggalan masa pra-sejarah itu kini umumnya diberi kain putih.

Di pinggir tengah, cungkupnya banyak sekali dupa, hio, dan kembang yang sudah mengering, menambah bau mistis situs ini.

Aroma mistis, begitu kental dan mengurangi nilai sejarah. Situs-situs peninggalan Kerajaan Pajajaran, seharusnya dikembalikan pada fungsi semula karena menyimpan nilai sejarah yang sangat tinggi.

Menurut Mang Manta, juru pelihara (kuncen) situs Ranggapati, Eyang Ranggapati berkaitan dengan situs Cikundul, Cianjur, Eyang Haji Surya Kencana di Gunung Managol.

Konon, menurut Mang Manta, dulu situs batunya hanya satu, “Yang sebelah sana,” katanya. Kini sudah ada tujuh batu berbagai bentuk.

Menurut cerita mang Manta, ketika ia sedang membersihkan atau meyapu area situs terlalu sore, menjelang magrib, pernah ada seperti yang melempar sesuatu ke arahnya.

“Mungkin, seperti mengingatkan bahwa waktu nya istirahat bukan nya bersih-bersih atau nyapu,” katanya.

“Konon sekarang pun di sini tempat kumpulnya para leluhur semacam aula,” kata sang Jupel. (yan)

Alamat :
Belakang Gereja Elohim Batutulis,
Kelurahan Batutulis, Bogor Selatan
Kota Bogor.

Napak Tilas Karuhun : Punya kisah dan cerita sejarah, serta peninggalan seputar Kerajaan Pajajaran dan Prabu Siliwangi? Tulis dan kirimkan kepada redaksi kami, untuk dipublikasikan di media ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.