by

Sinergi dengan Provider, Diskominfo Perkuat Sinyal yang Blank Spot

Hallobogor.com, Cibinong – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor lakukan sinergi dengan para pelaku provider terkait menara telekomunikasi.

Itu dilakukan guna meningkatkan penguatan signal terutama disejumlah wilayah blank spot di Kabupaten Bogor.

Demikian sinergi melalui koordinasi yang dikemas secara virtual di Ruang Rapat Kadiskominfo Kabupaten Bogor, Rabu (14/10).

Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan menuturkan, di era perkembangan teknologi terlebih di tengah kondisi pandemic Covid-19. Intranet saat ini menjadi kebutuhan bahkan keharusan yang harus ada untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Seperti pembelajaran jarak jauh, berbagai kegiatan yang dilakukan secara virtual, bahkan kini Pemerintah Desa (Pemdes) dalam melayani masyarakat sudah berbasis digital salah satunya aplikasi keuangan desa.

“Jaringan internet ini sangat penting, melalui rapat koordinasi ini diharapkan mampu meningkatkan sinergi antara Pemkab Bogor dengan para pelaku provider di Kabupaten Bogor. Khususnya dalam mengurangi area wilayah blank spot (lokasi yang tidak ada sinyal),” tuturnya.

Irwan menambahkan, sinergitas dengan para pelaku usaha provider ini sangat penting. Untuk mengatasi kendala signal lemah (blank spot) di beberapa wilayah di Kabupaten Bogor.

“Saat ini kita sedang lakukan pemetaan dan kita dorong provider untuk membangun tower di tempat-tempat yang masih susah signal ini,” pungkas Irwan

Di tempat yang sama, Kepala Bidang LKI Diskominfo Kabupaten Bogor, Dadang Imansyah mengatakan, melalui koordinasi virtual diharapkan mampu meningkatkan konsultasi dan sinergi antara Diskominfo Kabupaten Bogor dengan para pengusaha menara telekomunikasi.

Sinergi itu menjadi salah satu solusi terhadap penyediaan signal-signal telekomunikasi di Kabupaten Bogor.

“Pada prinsipnya mereka sangat mendukung, diharapkan hadirnya mereka selain bisa mengurangi area blank spot juga dapat mengembangkan industry teknologi komunikasi di Kabupaten Bogor,” tutupnya. (wdy)