by

Sip, Banprov Telukpinang untuk Bangun Jalan Penghubung Antar RW

Hallobogor, com, Ciawi – Dalam upaya menunjang jalannya roda perekonomian, pembangunan infrastruktur jalan sangat menentukan kelancaran mobilitas masyarakat.

Hal ini juga dipahami oleh pemerintah desa (Pemdes) Telukpinang, kecamatan Ciawi yang langsung menggeber pembangunan pengaspalan jalan penghubung antar RW sepanjang 215 meter.

“Program apapun yang berkaitan dengan pemerintah desa, demi kepentingan masyarakat semua tentunys harus menjadi kesepakatan dari warga. Apalagi ini sebagai pengalokasian bantuan keuangan dari provinsi (Banprov),” kata Kepala Desa (Kades) Telukpinang Ahmadripa’i, yang akrab disapa dengan sebutan Adetahuu.

Untuk itu, sebelum pengalokasian dana, pihaknya telah dilakukan rapat dengan ketua RT/ RW, Kadus, tokoh masyarakat, LPM dan TPK yang dihadiri pula oleh Babinmas, Babinsa, perangkat dari kecamatan, serta pendamping desa.

“Alhamdulillah bantuan provinsi (Banprov) desa kami sudah menerima sebesar Rp 130 juta. Untuk pelaksanaan dilapangan, kami serahkan pada LPM dibantu TPK. Dan warga lingkungan yang sudah disepakati bersama dari hasil musyawarah,” ujarnya.

Selaku penanggung jawab penuh, kepala desa menjelaskan, pembangunan tidak lepas dari pengawasan, tidak semua dana untuk alokasi ke jalan ini,” katanya.

Alokasi dana sesuai prosedur yang berlaku juga disalurkan ke sejumlah posnya masing – masing, seperti ke 10 Posyandu, rehab PAUD, program sapa warga, tunjangan siltaf, tunjangan untuk kelompok kerja desa, bahkan ada pula dianggarkan untuk danpak Covid – 19, dan gerakan nasi bungkus.

“Dalam pengerjaannya, kami kerjakan secara swakelola dengan menjalankan padat karya tunai desa (PKTD) dengan pendampingan tenaga ahli, agar warga kami yang tidak punya penghasilan bisa terbantu ikut merasakan manfaat dana Banprov dengan ikut melaksanakan pekerjaan ini,” ungkapnya.

Sementsra itu Asep Sudrajat selaku tim pelaksana kerja (TPK) mengaku telah menerima anggaran dana dari pemerintah desa untuk melaksanakan pembangaunan jalan.

”Kami gunakan sesuai yang sudah disepakati dari hasil musyawarah warga, yaitu pengaspalan jalan desa dan pembangunan drainase Kampung Telukpinanng Rt 04 / 01. Insya Allah, dengan pembangunan jalan yang sudah mulus, akan lebih memperlancar perekonomian warganya,” pungkasnya. (wan)