by

Swab Test bagi Tenaga Pendidik, Kali Ini Giliran Universitas Pajajaran

Hallobogor.com, Bandung – Sebanyak 38 pegawai Universitas Padjadjaran yang terdiri dari sejumlah pimpinan dan tenaga kependidikan dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang digelar di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad, Jalan Eijkman No. 38, Bandung, Senin (31/8/2020) lalu.

Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Aulia Iskandarsyah, M.Psi., PhD, menjelaskan, tujuan digelarnya tes swab ini adalah sebagai langkah preventif yang dilakukan Unpad untuk senantiasa melakukan monitoring terhadap kesehatan warganya. Unpad akan terus memonitor kondisi para pegawainya secara berkala. Aulia menjelaskan, ke depan, pihaknya akan kembali melakukan tes swab serupa.

“Ini merupakan komitmen untuk melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan Unpad. Harapannya, Unpad bisa tetap sehat dan produktif, meskipun dalam situasi baru ini,” kata Aulia, Selasa (1/9/2020).

Hasil negatif ini didasarkan atas kesadaran dan komitmen warga Unpad untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan saat penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru selama masa pandemi Covid-19. Di saat aktivitas perkantoran sudah bertahap dilaksanakan, sivitas akademika dan tenaga kependidikan berkomitmen penuh untuk tidak menjadikan kampus sebagai klaster baru penyebaran Covid.

Lebih lanjut Aulia menjelaskan, dalam menjalankan tes swab ini, Direktorat SDM Unpad bekerja sama dengan tim Satgas Covid-19 Unpad dan tim dari Laboratorium Bio Safety Level – 2 (BSL-2) Fakultas Kedokteran Unpad. Uji sampel spesimen pun dilakukan langsung di laboratorium uji di RSP Unpad.

Sejumlah pimpinan yang mengikuti tes swab terdiri dari Ketua Senat Akademik, Ketua Dewan Profesor, para Wakil Rektor, sejumlah Dekan, Direktur, Kepala Satuan, dan Kepala Kantor.

“Untuk tenaga kependidikan, yang dipilih mengikuti swab adalah berdasarkan prioritas, yaitu para staf yang memfasilitasi para pimpinan universitas serta banyak berinteraksi dengan berbagai pihak,” kata Aulia. (jbr)