by

Syarief Hasan, Sebut Ponpes Adalah Pencetak Pemimpin Masa Depan

Hallobogor.com, Bogor Utara – DR. Syarief Hasan selaku Wakil Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI melakukan sosialisasi 4 pilar di Pondok Pesantren (Ponpes) Raudhatul Islamiyah Jalan Pembangunan kaum, Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor pada Rabu (19/8/2020) malam.

Ia mengatakan, Sosialisasi 4 pilar ini dilakukan, karena dirinya terbiasa berkunjung ke Ponpes, selain itu, Ponpes juga tempat untuk mencetak pemimpin-pemimpin masa depan yang lebih baik.

“Pemimpin itu kan mulai dari rumah tangga, saya melihat persiapan yang lebih baik untuk mencetak pemimpin adalah melalui pesantren, dengan pendidikan pesantren kita bisa mencetak orang yang betul-betul bertanggung jawab,” katanya usai melakukan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar yang di gelar di Raudhatul Islamiyah.

Pada kesempatan tersebut, politis Partai Demokrat ini menguji para santri tentang 4 pilar MPR dan dasar Pancasila dalam bentuk tanya jawab dengan para santri, dan para santri menjawab apa yang ditanyakan oleh wakil MPR tersebut dengan benar dan diberikan apresiasi.

Saat ini, lanjut Syarief, Ponpes dikelola dengan berbagai keterbatasan, bahkan banyak ponpes dikelola secara mandiri dan swadaya.

“Untuk itu, saya pikir pemerintah harus lebih banyak memberikan perhatian kepada pondok pesantren,” katanya.

Bertepatan dengan hari kemerdekaan, dirinya menyampaikan, bahwa, masyarakat harus menyadari bahwa merebut kemerdekaan itu tidak mudah, sehingga masyarakat harus betul-betul mengisi kemerdekaan dengan bersatu padu, bergotong royong untuk memberikan kontribusi kita dalam membangun bangsa.

“Dengan hari kemerdekaan ini kita harus berkomitmen menjaga konstitusi kita, agar dengan menjalankan konstitusi yang ada insya allah Indonesia akan lebih bagus kedepan,” ungkapnya.

Sementara, Pimpinan Ponpes Raudhatul Islamiyah K.H Achmad Baidhowi menambahkan dengan adanya sosialisai 4 pilar dari wakil MPR RI ini, berarti masih ada kepedulian terhadap pondok pesantren. Dengan sosialisasi 4 pilar ini, semoga para santri bisa memahami dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Manfaat 4 pilar ini tiada lain untuk pembelajaran bagaimana menyaiapkan generasi supaya mereka memahami dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya. (dns).