by

Tenaga Kerja Sosial Kecamatan Ciawi Siap Layani PMKS

Hallobogor.com, Ciawi – Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) adalah seseorang atau keluarga yang karena suatu kesulitan dan gangguan, sehingga tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya.

“Dia juga tidak bisa menjalin hubungan serasi dengan lingkungan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik jasmani maupunn rohani yang sewajarnya,” kata Yoyoh, Tenaga Kesejahteraan Sosial kecamatan (TKSK) Ciawi.

Dia mengatakan hambatan, kesulitan dan gangguan tersebut dapat berupa kemiskinan, keterlantaran, kecacatan, tunasosial maupun perubahan lingkungan secara mendadak, yang kurang mendukung atau menguntungkan.

“Mungkin karena wilayah Ciawi ini termasuk lehernya ibu kota, jadi saat ini banyak ditemukan permasalahan sosial yang ada. Keterlantaran setiap bulannya selalu ditemukan,” ujar Yoyoh.

Menurutnya, TKSK bisa membantu untuk menangani warga yang menyandang PMKS. TKSK menggunakan berbagai instrumen, seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), atau Kartu Indonesia Pintar (KIP), untuk menolong mereka.

“Disesuaikam dengan kebutuhan pendidikan mereka, namun dilihat dulu dari data ferivikasinya bagi keluarga yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“jika keluarga itu masuk dalam perivikasi data DTKS maka kami akan siap untuk memperjuangkannya,” pungkasnya. (wan)