by

Tidak Hafal Pancasila, BPIP Ingin Bekali Puteri Indonesia

Hallobogor.com, Jakarta – Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Benny Susetyo menyarankan agar para Finalis Puteri Indonesia diberikan pembekalan terkait wawasan kebangsaan, khususnya nilai-nilai Pancasila.

Hal ini disampaikannya menanggapi kejadian Finalis Puteri Indonesia 2020 Kalista Iskandar yang tidak bisa menjawab pertanyaan tentang isi Pancasila.

“Ini penting dalam rangka mempersiapkan dan membangun karakter kebangsaan mereka yang ikut dalam ajang Puteri Indonesia,” katanya dalam pernyataan tertulis, Minggu (8/3/2020).

Menurutnya, membangun karakter Pancasila bagi setiap insan warga bangsa Indonesia merupakan hal yang sangat penting. Benny menilai kejadian Kalista tersebut membuka mata para pemangku kepentingan untuk kembali mengajarkan nilai-nilai Pancasila ke publik tanah air.

Untuk itu, dia menegaskan pentingnya melakukan pemetaan terkait pembinaan ideologi bagi setiap elemen bangsa.

“Pemetaan penting untuk dilakukan, setelah dilakukan pemetaan kita bisa kembali mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai Pancasila bagi seluruh elemen bangsa Indonesia,” tuturnya. (bud)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.