by

TNI Bersinergi Perketat Pengawasan Protokol Kesehatan

Hallobogor.com, Bogor Tengah – Di tengah masa Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat dan patriotisme para anggota TNI dalam memperingati Upacara HUT TNI Ke-75.

Meski hanya bisa mengikuti secara virtual upacara peringatan HUT TNI di Istana Negara, Jakarta, Danrem 061 Suryakancana Brigjen Agus Subiyanto, Dandim 0606 Suryakancana Kolonel Inf Roby Bulan, dan Wali Kota Bogor Bima Arya tetap khidmat mengikuti upacara di Balai Suryakancana Makorem, Jalan Ciwaringin, Kota Bogor, Senin (5/10/2020).

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, sesuai dengan tema HUT TNI ke-75 tahun ini, yakni Sinergi Untuk Negeri sangat sesuai dengan kondisi saat ini. Pasalnya, sinergi TNI, Polri dan ASN sedang diuji. Sebut saja, secara internal ASN, TNI dan Polri harus bisa menjaga kesehatan diri masing-masing tidak terpapar Covid-19, menjaga agar semua tetap solid, bersama-sama memberikan edukasi ke masyarakat, dan memastikan protokol kesehatan diperhatikan seluruh lapisan masyarakat.

“Jumlah ASN, TNI, Polri terbatas namun atas perintah Presiden semua bersinergi, sinergi untuk negeri di era Pandemi ini penguatan protokol kesehatan. Bukan hal mudah menerapkan hukum dan aturan, kadang ada konsistensi dari warga, ada ketidakpahaman warga, ada persoalan di rumah sakit, persoalan di tengah warga disitulah konteksnya sinergi ASN, TNI dan Polri,” ujar Bima.

Di tempat yang sama, Danrem 061 Suryakancana Brigjen Agus Subiyanto mengatakan, Korem 061 Suryakancana melakukan pengawasan di 172 titik di lima kabupaten dan dua kota dengan menurunkan 1.500 personil TNI.

Pengawasan dilakukan mulai dari mal, pasar fasilitas umum, stasiun kereta, dan tempat ibadah. Pihaknya turut bersinergi dengan Satpol PP dan Polri dalam pelaksanaan pendisiplinan protokol kesehatan di lapangan.

“Kami melihat saat ini sebagian besar masyarakat sudah paham tentang bahaya Covid-19 dan sudah banyak yang memakai masker. Namun karena belum ada vaksin Covid-19 masih rentan adanya penularan. Kalau di TNI kami disiplin melakukan olahraga. Kami harap masyarakat juga bisa rutin berolahraga di pagi hari untuk mencegah Covid-19,” ujar Danrem.

Agus menambahkan, sesuai dengan perintah panglima TNI pihaknya melakukan pengawasan ketat penerapan protokol kesehatan di 172 titik sekaligus memberikan edukasi ke masyarakat menerapkan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak).

“Sementara untuk mal, tempat makan dan lainnya kami himbau untuk menyediakan tempat pencuci tangan, hand sanitizer dan cek suhu,” pungkasnya. (bgr)