by

Toko, Swalayan dan Perhotelan Tutup, IWAPI Punya “Jelita”, Apaan Tuh?

-Usaha-306 views

Hallobogor.com, Kota – Pemerintah saat ini fokus menangani pendemi dan kesehatan masyarakat, sementara di semua sektor perekonomian mengalami dampak menurunnya dsn daya beli masyarakat juga menurun.

“Minat masyarakat untuk bepergian dan mengadakan kegiatan-kegiatan diluar rumah yang berakibat berkurangnya pendapatan dari usaha serta menurunnya omset begitu drastis,” ujar Ketua DPC IWAPI Kota Bogor Dhany Rose.

Dampak merebaknya Virus Corona atau COVID-19 tidak saja mempengaruhi kehidupan masyarakat, begitu juga perkembangan dunia usaha disemua sektor, baik bagi pengusaha Makro maupun pengusaha Mikro.

Hal ini menyebabkan banyaknya jumlah karyawan yang dirumahkan bahkan di PHK. Perusahaan atau usaha yang berhenti beroperasi dan meningkatnya jumlah pengangguran, dapat menghambat dan mengurangi produk domestik bruto yang secara tidak langsung menghambat pertumbuhan ekonomi indonesia.

Sementara ini tidak ada yang dapat kita lakukan, selain berdoa semoga musibah ini cepat berlalu dan ada solusinya agar kita dapat tetap mengendalikan perekonomian keluarga secara stabil dan konstan.

Apa yang Harus Dilakukan?

Langkah-langkah yang dapat di lakukan saat ini adalah, meningkatkan keahlian ide, inovasi, kreativitas kita dengan banyak belajar dan membaca bagaimana cara berjualan sukses di medsos dengan online, jangan berhenti dan tetap semangat dalam berjualan online.

“Saya mengajak ibu-ibu pengurus dan ibu-ibu anggota untuk berperan aktif memasarkan produk dan jasanya melalui media online, melalui jualan ekonomi kreatif lingkungan tanpa batas (JELITA). Ini adalah wadah jualan online antar pengurus dan anggota IWAPI Bogor,” kata Dhany Rose yang di hubungi melalui pesan singkat pada Minggu (30/03/20).

Dhany mengajak untui mengupload foto-foto produk ke Jelita dan WAG lainnya, membuka lapangan kerja yang bisa dilakukan selama WFH dan SFH dirumah dengan menggali ide dan kreativitas dan tetaplah berpikir positif, semangat dan tetap berbuat kebaikan dengan bersedekah.

Sesuai dengan salah satu hadist yang mengatakan “Hai orang-orang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS.Al-Baqarah ayat.153).

“Saya sebagai Ketua, hanya ingin menyemangati ibu-ibu agar jangan putus asa dan tetap semangat menjalankan usaha melalui online dan terus berinovasi dalam keterbatasan gerak, tetap kompak dan solid untuk IWAPI tercinta,” imbuhnya.

Perlu Bantuan Pemerintah

Sementara Riri selaku WKU 5 atau Humas di DPC IWAPI Kota Bogor menambahkan, penjualan produk UMKM yang dititip di beberapa toko atau mall dan perhotelan menurut informasi ditutup untuk sementara waktu, hal ini menjadikan kendala bagi perputaran ekonomi usaha UMKM DPC IWAPI itu sendiri.

“Hal ini yang sangat berpengaruh terhadap usaha, apalagi pengusaha-pengusaha yang memiliki jumlah karyawan ratusan, karena harus memikirkan gaji, sementara usaha yang berkembang sekarang ini sangat terbatas karena situasi di luar hingga saat ini belum menentu,” jelas Riri.

IWAPI sendiri mengikuti anjuran pemerintah dengan melakukan pekerjaan dirumah (home work) atau lockdown agar terhindar dari Virus Corona atau COVID-19. Riri berharap dengan kondisi seperti ini semoga pemerintah bisa memberikan solusi kaitan dengan perkembangan ekonomi

“Kami sangat memahami apa yang terjadi sekarang ini. Tapi apapun bentuknya, ekonomi masyarakat harus tetap berjalan sebagaimana mestinya dan tetap mengikuti arahan atau intruksi pemerintah,” pungkasnya (dns).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.