by

Universal Health Coverage, Solusi Carut Marut Jamkesda Kab. Bogor

Hallobogor.com – Tidak ada kesejahteraan tanpa ada jaminan Sosial dan Jaminan Kesehatan. Sebelum lahirnya UU Nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) dinegara kita, ada banyak bermacam macam nama Jaminan Kesehatan bagi masyarakat dan juga Pekerja/buruh.

Untuk masyarakat yang tidak mampu, Pemerintah menyediakan Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) adalah Sebuah Jaminan Sosial Kesehatan yang dibiayai Pemerintah Pusat melalui APBN, adapula Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah) sama- sama Jaminan Sosial Kesehatan bagi masyarakat tidak mampu, namun dibiayai oleh Pemerintah Daerah melalui APBD.

Namun ketika itu, masyarakat peserta Jamkesmas dan Jamkesda sungkan menggunakannya karena banyak ditemukan perbedaan pelayanan (diskriminatif) yang dilakukan oleh oknum fasilitas kesehatan, antara pasien yang menggunakan biaya pribadi, asuransi komersial dan Jamkesmas atau Jamkesda.

Untuk Pekerja/buruh non PNS, Pemerintah menyediakan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) yang dikelola oleh PT Jamsostek (Persero) di bawah naungan BUMN, namun kepesertaannya tidak wajib sehingga banyak para pekerja/buruh yang tidak didaftarkan pada program tersebut.

Para pengusaha ada yang memberlakukan sistem reimburse, ada yang melakukan kerjasama dengan asuransi komersial dan bahkan ada yang sama sekali tidak mengikutsertakan Pekerja/buruh pada asuransi kesehatan apapun.