by

Vila di Kawasan Puncak akan Dibongkar, Hanya 20 Persen yang Boleh Dibangun

Hallobogor.com, Kabupaten – Sejumlah vila di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, terancam akan dibongkar dalam waktu dekat. Pemerintah merekomendasikan hanya 20 persen kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, yang dapat dimanfaatkan untuk bangunan.

Demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Penguasaan Tanah (Dirjen PPRPT) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Budi Situmorang pada Selasa (25/4/2020).

Pembongkaran vila merupakan salah satu bagian dari audit tata ruang di hulu Jakarta, yang akan dilakukan Kementerian ATR/BPN.

“Vila-vila akan kami bongkar jika ditemukan melanggar tata ruang,” tegas Budi.

Selain itu, audit tata ruang di hulu Jakarta juga dilakukan melalui upaya penanaman kembali (reboisasi) dengan menggandeng Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Adapun penanganan banjir di daerah hilir Jakarta akan ditamgani serupa dengan di Puncak, yakni membongkar bangunan-bangunan yang tidak memiliki hak, dan melanggar tata ruang.

“Kami identifikasi lokasi dulu, ada ada yang mau kita bongkar termasuk bangunan yang tidak mempunyai hak,” imbuh Budi.

Hal ini dilakukan menyusul banjir yang terjadi di sejumlah area di Jakarta, termasuk kawasan Monas, dan Istana Negara, dan Bekasi pada Senin (24/2/2020), dan Selasa (25/2/2020). (tim)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.