by

Wabup Sukabumi Dorong Pertanian Ditingkatkan untuk Kesejahteraan

Hallobogor.com, Sukabumi – Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono menerima Kunjungan Tim Balai penelitian tanaman industri dan penyegar dari Badan Penelitian dan pengembangan pertanian Kementerian Pertanian, di Pendopo Sukabumi. Senin (20/7/2020).

Menurut Dr. Tri joko Santoso SP. M.si. selaku Kepala Balitri menjelaskan Bahwa Balitri lebih banyak melakukan penelitian terkait dengan tanaman industri dan penyegar. “Ada sekitar 15 komoditas utama yang kami tangani akan tetapi yang utama-nya adalah tanaman Kopi, kakao, teh dan lainnya” Jelasnya.

Selain itu, dimasa pandemi Covid-19 balitri juga meneliti dan memiliki produk untuk menangkal virus.

Baca : Berita dan Informasi Seputar Kota dan Kabupatan Sukabumi

“Kita ada suatu produk dari hasil penelitian kami sehingga menghasilkan produk seperti penangkal virus, minyak angin roll on, handsanitizer dan makanan. Kami berharap bisa bekerjasama dan berkolaborasi dengan Pemda Kab. Sukabumi” Ungkapnya.

Sementara itu ditempat yang sama Wabup menyampaikan bahwa di masa pandemi Covid-19 ini alat untuk pelindung diri sangat mahal dan relatif susah didapat. “Oleh karena itu saya atas nama Pemda Kab. Sukabumi sangat mengapresiasi dengan hadirnya produk-produk dari hasil penelitian Balitri ini, tentunya ini merupakan kewajiban kita bersama untuk secara aktif mensosialisasikannya kepada masyarakat” jelasnya.

Selain itu, Wabub menambahkan kedepan Pemda akan melakukan upaya agar kerjasama dan kolaborasi bisa terus terbangun. “Secara teknis kami terus berupaya mencari solusi terkait dengan pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Kab. Sukabumi khususnya”.

H. Adjo Sardjono berharap kedepan tentunya kerjasama bisa berkembang kekomoditi lainnya mengingat Kab. Sukabumi memiliki areal pertanian yang memadai dan produktif. “Mudah-mudahan kedepan kita bisa terus berkolaborasi dan kerjasama dalam pengembang komoditi yang prospektif untuk kesejahteraan masyarakat mengingat Kab. Sukabumi mempunyai lahan pertanian yang cukup luas” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan dialog interaktif serta pemberian produk hasil penelitian dari kepala Balai Penelitian Dr. Tri joko Santoso SP M.si kepada Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono. (sbm)