by

Warga Kesulitan Ekonomi, Kades Sukamanah Berdayakan Padat Karya

Hallobogor.com, Megamendung – Pandemi Covid 19 yang hingga kini terus berlangsung berdampak buruk kepada perekonomian masyarakat pekerja harian. Untuk kebutuhan hidup sehari harinya, warga beremonomi lemah sangat membutuhkan uluran tangan dari mereka yang mampu, atau adanya langkah nyata bantuan dari pemerintah.

Menyikapi hal ini, Kepala Desa Sukamanah, Ismail, yang melakukan pemantauan ke pelosok wilayahnya, tidak tega mendapatkan warganya yang sedang kesulitan.

Tumpukan padi yang masih tersisa dirumahnya digiling dan berasnya dibagikan kepada warga yang benar benar membutuhkan.

“Miris kita, ditengah pandemi Corona ini pemerintah menetapkan aturan melalui PSBB. Warga kecil mati kutu untuk bergerak mencari nafkah. Alhamdulillah, masih ada sedikit padi saya giling dan berasnya kami bagikan,” ujar Kades Ismail.

Selain itu, lanjut dia, untuk mengakomodir warga lainnya, pemerintahan Desa Sukamanah kini tengah menjalankan program padat karya. Yakni, sekitar 50 orang masyarakat setempat diberdayakan dalam pengecoran pembangunan gedung Paud yang tidak jauh dari kantor desa.

Gedung yang diberi nama gedung Paud Terintegrasi itu merupakan pembangunan yang menjadi prioritas bagi desa tersebut.

“Kita harus membantu masyarakat. Melalui padat karya untuk pengecoran lantai 3 gedung tersebut kita melibatkan 50 orang tenaga kerja. Mereka merupakan warga setempat. Dan sumber dana untuk pembangunan tersebut adalah pengalokasian dana desa,” imbuh kades. Sementara itu, masyarakat sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan kepala desanya.

“Dalam situasi seperti sekarang ini, warga memang membutuhkan perhatian. Saya yang kerja berpenghasilan kerja harian kini sangat sulit mencari uang. Pemerintah menyuruh kita diam dirumah karena ada korona. Dan adanya kepedulian dari pak kades lumayan membantu untuk meringankan beban kami,” tutur Engkos. (dang)