by

Wagub Jabar Launching Pamsimas dan Serahkan Maskara TA. 2020

Hallobogor.com, Subang – Wakil Gubernur Jabar, UU Ruzhanul Ulum melaunching Program Nasional Penyediaan Air Minum (Pamsimas) III Tirta Jawara Wantilan sekaligus menyerahkan titipan bantuan Mobil Maskara Tahun 2020 serta peletakan batu pertama pembangunan PAUD di Dusun Wantilan RW 04 Desa Wantilan, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang, Minggu (4/10/2020).

Bupati Subang H. Ruhimat dan Wakil Bupati Subang Agus Masykur hadir pula dalam kegiatan tersebut.

Wakil Bupati Subang Kang Akur sapaan akrab Agus Masykur yang mewakili Bupati Subang dalam sambutannya menyampaikan bahwa

melalui program (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) masyarakat perdesaan dapat terpenuhi kebutuhan akan air minum dan sanitasi. Air minum dan sanitasi merupakan kebutuhan yang sangat mendasar dan harus terpenuhi oleh masyarakat.

Program Pamsimas dilaksanakan di 163 desa yang berada di 28 kecamatan dengan total anggaran 52 miliar 625 juta rupiah yang dapat memenuhi kebutuhan 49356 kepala keluarga atau 164719 jiwa masyarakat Kabupaten Subang.

Pemerintah Daerah Kabupaten Subang merupakan satu-satunya Pemda di Jawa Barat yang mengalokasikan anggaran untuk operasional dan pemeliharaan sebesar Rp5.500.000 per KP-SPAMS. Selain itu Pamsimas di Kabupaten Subang banyak dikunjungi oleh daerah lain dan khususnya dikunjungi langsung dari bank dunia.

Pamsimas Tirta Jawara Desa wantilan Kecamatan Cipeundeuy telah dibangun dan merupakan sebuah kebanggaan pula bagi kami warga masyarakat Kabupaten Subang khususnya desa Wantilan.

Kang Akur juga menghaturan ucapan terima kasih karena Pemprov Jabar melalui Wagub Jabar yang memberikan bantuan mobil Maskara atau akronim kata dari Mobil Aspirasi Kampung juara yang diberikan oleh provinsi Jawa Barat Kepada Desa Mandiri.

Semoga mobil multifungsi tersebut dapat digunakan untuk menunjang kegiatan yang dilaksanakan di desa karena dapat digunakan sebagai mobil angkutan pertanian, untuk hiburan bahkan untuk mini panggung.

Kades Wantilan Komarudin merasa bangga atas dibangunnya program nasional Pamsimas diwilayahnya yang merupakan program bantuan melalui dinas PUPR.

Program tersebut sangat luar biasa yang bermanfaat bagi masyarakat dengan melibatkan masyarakat dalam pembangunannya dan pengelolaan swakelola tergantung pada kesiapan masyarakat.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dalam sambutannya menyampaikan bahwa persediaan air saat ini tidak dipungkiri kian menipis persediaannya dengan terlihat dengan sungai atau kolam banyak mengering. Kebutuhan air bertambah dengan populasi manusia sehingga kebutuhan air bertambah.

Solusinya dari kekurangan kebutuhan air tersebut hadir program Pamsimas untuk kebutuhan sehari dan beribadah.

Wagub juga menghimbau kepada masyarakat disaat pandemi covid-19 supaya tetap melalukan aktivitas yang bermanfaat untuk tidak diam tetap bergerak namun tetap menjalankan protokol kesehatan.

Jika masyarakat tidak bergerak maka masyarakat akan krisis perekonomiannya.

Pemberian maskara sebagai solusi pemdaprov mengingat masyarakat suka melakukan hiburan dan seremonial diharapkan keberadaan maskara bisa multifungsi dapat digunakan untuk menunjang kegiatan yang dilaksanakan di desa karena dapat digunakan sebagai mobil angkutan pertanian, untuk hiburan bahkan untuk mini panggung. (jbr)