by

Warga Rumpin Desak Belajar Tatap Muka, Alasannya Jelas


Hallobogor.com, Rumpin– Warga di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, terutama yang berdomisili di kawasan perbukitan meminta agar pemerintah memberlakukan proses belajar mengajar secara parsial (tatap muka) ditengah pandemic corona (Cobid-19).

Selain status zona hijau yang sudah diberlakukan di kecamatan paling ujung yang berbatasan dengan Tangerang Selatan ini, permintaan belajar tatap muka tersebut karena selama ini banyak anak didik yang kesulitan untuk menangkap sinyal telepon selular.

“Warga di Rumpin meminta agar pemerintah daerah (Pemkab Bogor) mendorong kementerian pendidikan (Kemendikbud) mengeluarkan regulasi supaya bisa dilaksanakan proses belajar mengajar dikelas, tatap muka. Tentu dengan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan,” kata mantan Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Bogor, Didi Furqon ketika dihubungi Hallobogor.com, Jumat (31/7/2020).

Menurut Didi—yang berdomisli di Kecamatan Rumpin, banyak warga yang datang untuk menyampaikan keberatan dengan proses belajar melalui jaringan (daring) online. Alasannya, selain kesulitan dalam memperoleh sinyal, sebagian besar penduduk di beberapa desa juga masuk dalam kategori kurang mampu.

“Bagaimana mau beli kuota data, banyak dari warga seperti buruh penggali pasir yang sehari-hari penghasilannya hanya Rp 20.000. Kondisi ini, cukup mengganggu proses belajar anak-anak mereka,” kata Didi menyampaikan keluhan warga.

Ditambahkan Didi, ada sepuluh desa di Kecamatan Rumpin yang sulit untuk menangkap sinyal telepon selular. Desa-desa tersebut adalah Desa Leuwihbatu,Desa Rabak,Desa Gobang,Desa Kp Sawah,Desa Rumpin,Desa Cibodas,Desa Cidokom,Desa Kertajaya,Desa Sukasari dan Desa Cipinang.

Sebelumnya, Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Syarifah Sopiah bahwa ada beberapa kecamatan yang dinyatakan masuk zona hijau.

Tiga kecamatan itu terdiri dari satu wilayah yang sejak awal ada di zona hijau dan dua lagi sebelumnya berada di zona merah. Ketiga zona hijau di Kabupaten Bogor ialah Kecamatan Sukamakmur, Cariu, dan Tenjo. (adi)