by

Wartawan Berfungsi Sebagai Kontrol Sosial, Bukan Sebagai Humas

Hallobogor.com, Ciampea – Ketua Persatuan Wartawan RI (PWRI) Kabupaten Bogor, Rohmat selamat SH M.Kn, mengatakan dunia kewartawanan adalah way of life (jalan hidup), lebih dari sekedar profesi jurnalistik.

“Wartawan dalam mengamati, menganalisa dan menulis informasi yang terjadi di masyarakat — khususnya masalah sosial, dia menjalankan tupoksinya sebagai kontrol sosial, istilahnya jangan jadi humas,” kata Rohmat, Sabtu (3/10/2020).

Rohmat menyampaikan hal tersebut saat membuka kegiatan Building Character Journalist, di wilayah Cinangka, Ciampea. Kegiatan yang bertujuan menciptakan wartawan yang profesional dan berkarakter itu diselengarakan oleh media Pajajaran Pos dan PWRI Bogor.

Rohmat juga mengingatkan, agar wartawan harus harus fair dalam menyampaikan berita, melakukan cross check ke lapangan agar pemberitaanya berimbang. Bukan hanya mengutip pernyataan pejabat atau pengusaha.

Senada dengan Rohmat, Tim Advokasi PWRI Ruby Falahadi mengatakan, sebagai wartawan jangan takut menulis apa yang dilihat dan rasakan sesuai fakta di lapangan.